10 Tips SEO Mengatasi Update Google Panda

update algoritma google panda
10 Tips SEO Mengatasi Update Google Panda - Sobat blogger sudah taukan apa itu google panda ? yups pasti sudah banyak yang tau dari yang pemula hingga yang master mengenai algoritma yang dikeluarkan pada tahun 2011 ..

Tujuan Google Panda adalah adalah untukk memberikan hukuman kepada blog atau situs yang kontennya itu duplikat atau copy paste dan juga bisa menghapusnya (tidak mengindeksnya) sehingga yang ada pada halaman pertama di pencarian adalah memang hasil yang relevan dan berkualitas. :)
Dalam pembaharuan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa Google menekan-kan sebuah kualitas untuk banyak blogger. Sekarang, jauh dari apa yang di harapkan oleh mereka , baik kualitas dan SEO tingkat dasar diwajibkan untuk menjaganya sesuai dengan keinginan Google

Situs seperti apa yang terkena dampaknya?
Sebelum lebih jauh ke inti topik ini, saya ingin mengingatkan anda beberapa hal. Tujuan dasar dibalik semua algoritma google, selain mengutamakan kualitas juga untuk mencegah tindakan spam. Pada dasarnya jenis-jenis situs yang di hajar google sebagai berikut ;
Rendahnya Kualitas ; ini sangat jelas dan sangat banyak. Situs dengan kualitas rendah atau konten yang tak memiliki keuntungan bagi pengunjung.  Mungkin anda berpikir bahwa situs anda memiliki konten yang berkualitas dan berbahasa inggris dengan gramar yang baik,  dalam hal ini bukan berarti hanya bahasa inggris yang baik . Hal ini juga mencakup sebuah keuntungan yang di dapatkan oleh semua pembaca di situs anda.
Ternak Konten ; disini bukan hanya ternak blog namun ternak konten juga akan terkena dampak dari google. Google juga menghambat sebuah situs yang terbukti melakukan peternaka konten, situs dengan hanya mengutamakan kuantitas tanpa ada kualitas dan SEO yang memadai. Pemilik situs seperti ini hanya mengutamakan untuk membuat konten baru bagaimanapun caranya ,  ini sama sekali tak memiliki manfaat.
Duplicate Konten ; duplicate konten yang berlebihan dengan cara copy&paste ini adalah tindakan konyol, semua blogger tak kan ada yang menyukainya termasuk juga Google.
Loading Situs ; ini memang tak memberika dampak langsung pada situs anda di mesin pencari, tapi 1 hal yang anda perlu ingat bahwa tujuan anda mengoptimasi situs agar mendapatkan SERPs yang baik adalah memiliki banyak visitor, saya pastikan semua itu sia-sia jika situs anda sangat lambat.
Penggunaan iklan berlebihan ; Saya sering melihat banyak situs-situs dengan seluruh isi yang dipenuhi iklan, berada di kiri,kanan,atas,bawah dan didalam konten dimana ini adalah pokok dari kualitas sebuah situs juga di penuhi iklan.  Sebagai seorang blogger saya menyadari perasaan pemilik situs tersebut , dia juga ingin mendapatkan uang dari blog nya untuk biaya lain. Tapi saya sebagai seorang pengunjung situs itu , satu hal yang saya katakan “I Hate It” , hal ini terjadi karena kurangnya pengalaman seorang blogger dan sangat tidak baik dimata Google.
Ada satu hal terpenting yang perlu anda ketahui tentang Google panda. Sebelumnya,  (belum ada panda) hasil sebuah pencarian di tata letak SERPs google  menunjukan halaman situs didasarkan pada kualitas individu pada halaman situs itu.  Setelah ada panda dan mengalamai update lagi,  panda bekerja pada sebuah tingkatan halaman pada seluruh domain, yang berarti satu halaman berkualitas buruk akan mempengaruhi peringkat situs itu secara utuh.

Tips Mengatasi Google Panda

1. Menulis Konten yang baik dan Berkualitas
Disini telah banyak yang membahas tentang kualitas konten, jadi saya tak perlu membahasnya di blog saya ini:) daripada terjadi duplikat nantinya.  Sedikit yang ingin saya tambahkan hanyalah meningkatkan tata bahasa anda. Gunakan ejaan dan tata bahasa yang baku,  lalu tulislah sebuah paragraf intro yang baik disetiap posting dan usahakan memiliki minimal 400 sampai 500 kata .
2. Hapus Konten yang Berkualitas Buruk
Hal ini harus anda lakukan, segera cek situs anda masuk bagian archive dan meninjau isi dari masa lalu ketika blog anda masih baru. Kemungkinannya adalah anda tidak menulis sebuah artikel yang  berkualitas pada saat itu. yang dapat anda lakukan ialah memperbaharui atau menghapus postingan tersebut. Google menghukum situs melihat dari seluruh tingkatan halaman.
3. Singkirkan Iklan
Setelah anda selesai memperbaharui halaman, kini saat nya bagi anda untuk melakukan perubahan terhadap struktur penempatan iklan. Tempatkan diri anda sebagai pembaca lalu lihat situs anda mana iklan yang mengganggu anda segera hapus, idealnya penempatan iklan adalah  (satu banner di atas, satu iklan di samping dan satu iklan di konten) , tapi jangan terlalu memaksakan diri dan jangan pernah menggunakan lebih dari satu iklan di setiap konten.
4. Aktif di Media Sosial
Sejak google memperkenalkan +1 , google berharap banyak orang yang menggunakannya dengan baik.  +1 yang di berikan oleh visitor untuk situs maupun konten anda berarti visitor tersebut menyukainya begitu pula dengan google. Namun disini bukan hanya tentang google+ akan tetapi anda juga harus aktif di media sosial lainnya, dan google sangat menyukai bila ada orang dari berbagai media sosial datang kesitus anda, tapi yang perlu anda ingat ialah jangan pernah sekalipun melakukan tindakan spam di sosial media.
5. Hindari Duplicate Konten
Anda mungkin sangat mengerti bahwa plagiarisme adalah suatu tindakan buruk, dan google membenci itu. Mungkin anda tidak sadar, anda akan mendapatkan masalah jika orang lain menyalin konten asli anda.  Sejauh ini google tidak dapat membedakan antara pemilik konten asli dan konten salinan. Dengan demikian, anda harus secara manual melakukan report atas tindakan pencurian konten anda tersebut, jangan hanya diam saja.
6. Dapatkan Backlink yang Berkualitas, bukan Asal-asalan
Orang-orang mungkin mengatakan sebaliknya, tetapi backlink adalah kekuatan yang harus diperhitungkan. Backlink benar-benar dapat membantu blog Anda dengan lalu lintas dan peringkat yang dimilikinya. Tetapi backlink yang anda dapatkan haruslah nyata yakni backlink pada sebuah situs yang memang memiliki TRUST dimata google, dan jangan sekalipun anda melakukan pencarian backlink dengan cara spam karena hal ini akan membunuh anda di kemudian hari.
7.  Pelajari Dasar SEO
Teknik dasar SEO sangat penting , saya pernah mengatakan bahwa cara optimasi SEO yang berlebihan akan berdampak pada pinalti yang anda dapatkan.  Anda bisa bisa mencari teknik dasar SEO di berbagai tempat dengan mudah, namun jangan pernah anda over.
8. NOINDEX Halaman Berkualitas Buruk
Jika anda tidak ingin google mengindex halaman anda yang berkualitas rendah, cukup dengan gunakan rel=”NOINDEX” , ini akan memberitahu google tentang pengecualian halaman yang di index oleh google. Anda bisa menggunakan ini pada halaman seperti “Hubungi kami” “Tentang kami” karena halaman ini tidaklah penting.
9. Hindari Kata Kunci Berlebihan pada Konten
Ini berarti larangan bagi seorang blogger saat dia menulis sebuah artikel dan menempatkan 1 kata kunci pada artikel itu dengan banyak tag , disini saya lebih menganjurkan pada anda yang ingin membuat konten syarat dengan kata kunci ialah “relevansi” dimana 1 kata kunci utama masul ke title post dan anda mencari turunan atas kata kunci tersebut dan gunakan di postingan anda.
10.  Semua Link
Mungkin ketika anda akan membuat satu artikel yang baru , anda bisa menghubungkan ke artikel anda yang lama dengan Anchor Text Link hal ini akan memberikan sebuah kehidupan baru bagi postingan anda yang lama.  Sekarang kita bahas tentang link keluar (Outbound link) , anda harus senantiasa mengawasi dofollow Outbound link di sluruh situs anda .  Anda aka berada dalam masalah yang serius jika anda memiliki banyak Outbound link daripada Inbound link, google akan menganggap sebuah situs yang memiliki banyak link keluar sebagai spammer, karena siapapun bisa membuat backlink untuk situs utama dengan cara membuat blog pendukung atau lebih di kenal (dummy) dan google akan menanggap semua situs yang memiliki banyak link keluar sebagai (dummy blog) yang tak lain ialah spammer.

:) Tips ini saya buat untuk semua blogger yang masih belum menyadari atas kesalahan yang mereka lakukan .

Komentar

  1. Hehehehe..
    Google panda itu apa ya??
    Hehehe..
    Masih belum tau.. :v

    BalasHapus
  2. suka ngeri dengan hukuman dari google panda.

    BalasHapus
  3. wew...keren gan...
    sangat bermanfaat buat ane...

    BalasHapus
  4. thx tipsnya, sangat membantu.. :D

    come back..

    BalasHapus
  5. weeeewww atuttt ma gugel panda, kabur ahh...

    BalasHapus
  6. Bener juga ane pernah subscribe postingan dan hasilnya Blog ane kena si Panda :(

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini ;
1. Dilarang SPAM
2. Berkomentarlah sesuai judul postingan, no OOT (Out of topic)
3. Berkomentarlah dengan kata kata yang sopan

Postingan populer dari blog ini

Ide Cerdas Membuat Artikel Original

Mengoptimasi Blog Dengan Webmaster Tools