Cara Membuat Blog Google Friendly

Google friendly ? istilah apalagi itu ? hehe mungkin sebagian sobat blogger sudah ada yang mengetahui dan sebagian juga belum tau.. google friendly disini maksudnya adalah blog kita disukai oleh mesin pencari yaitu google ..

Banyak dari webmaster mengidamkan bila website yang dikelolanya disukai olehGoogle. Dan ini merupakan hal yang sangat wajar, mengingat Google melalui Mesin Pencarinya (Google Search) masih menjadi pilihan utama yang digunakan pengguna internet diseluruh dunia.

Website/blog yang disukai oleh Google (Google Friendly) berarti website/blog tersebut dinilai memiliki kualitas  dimata Google, tentu saja akan meningkatkan visibilitas  sebuah website/blog untuk mendapat posisi yang utama pada halaman hasil pencarian google (Search Engine Results page – SERP). Banyak pengguna internet akan mengunjungi website/blog anda, sehingga akhirnya dapat meningkatkan prospek bisnis anda.

Bagaimana membuat website/blog yang disukai Google (Google Friendly) ?

Untuk menjadikan website/blog kita disukai Google, mau tidak mau kita harus mengenal segala aturan dan kebijakan yang diterapkan oleh Google.  Mengikuti informasi terbaru mengenai perkembangan tersebut menjadi sangat vital bagi semua webmaster maupun blogger (pemilik blog).

Memulai dengan mempelajari Panduan Google Search Engine Optimization untuk pemula (Google Search Engine Optimization Starter Guide),  layak dilakukan. Hal ini untuk mendapatkan gambaran detail seperti apa yang diinginkan oleh Google.

Berikut beberapa tips yang lebih rinci untuk membuatwebsite/blog yang Google-Friendly.

Mengutamakan kebutuhan pengunjung dengan memenuhi apa yang mereka cari

Poin ini menjadi bahasan utama bagi banyak webmaster untuk mengembangkan website/blog yang dikelolanya. Memperioritaskan informasi untuk pengunjung adalah hal yang paling penting untuk dilakukan.

Menyediakan konten berkualitas pada website/blog akan membuat situs yang kita kelola disukai oleh Google. Dengan informasi yang bermanfaat akan menarik banyak pengunjung dan secara langsung meningkatkan authoritas website/blog kita, sehingga bisa meningkatkan peluang untuk di link website/blog lain.

Memperkaya konten dengan informasi yang beragam dan bermanfaat serta menulis deskripsi konten yang jelas dan akurat menjadi pedoman untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Selain itu kita juga harus senantiasa mengembangkan kreatifitas pada penyajian informasi dengan detail dan mudah dipahami.

Dapatkan backlink menuju website/blog kita

Dengan adanya link dari situs lain menuju ke website/blog kita, akan memudahkan  robot crawler mesin pencari menjelajahi seluruh bagian website/kita. Adanya backlink menunjukkan website/blog kita dinilai penting untuk ditelusuri, terutama link-link tersebut memiliki kualitas yang baik dimata google.

Google menginterpretasikan link dari suatu halaman A ke halaman B, sebagai ‘vote cast’. Artinya halaman  B dinilai ‘penting’ dan berguna bagi halaman A. Vote cast secara langsung seperti itu akan meningkatkan bobot halaman B dan visibilitasnya (kemudahan untuk diakses dan dilihat) di setiap pencarian Google. Penerapan internal link juga bisa menguatkan keberadaan website/blog kita lebih maksimal.

Namun, dalam  membangun backlink kita harus berhati-hati agar senantiasa tidak melanggar aturan dan kebijakan yang diterapkan Google.  Buatlah link building secara wajar dan terlihat alami, tidak berlebihan agar tidak dianggap spam link. Dan prioritaskan upaya membangun link pada website/blog dengan fokus akan relevansi dan kualitas. Jumlah backlink berkualitas dan relevan yang sedikit jauh lebih bernilai daripada ribuan backlink yang tidak berkualitas, apalagi sama sekali tidak adanya relevansi.

Google mengingatkan bahwa hanya link yang natural yang berguna ketika Google mengindeks dan melakukan pemeringkatan website/blog kita.

Menjadikan website/blog mudah diakses
Membangun website/blog dengan struktur link yang logisdan valid Maksudnya adalah setiap bagian pada website/blog bisa ditelusuri dan bekerja dengan baik, baik itu link, widget, penggunaan javascript dan lain sebagainya. Hindari link yang rusak dan tidak dapat ditelusuri.

Salah satu fokus bagian ini bisa dikembangkan dengan menggunakan tampilan website/blog yang menarikfitur navigasi yang lengkapfast loading dan penggunaan setting teknis lainnya. Membuat robot crawler mesin pencari mudah mengakses website/blog kita adalah prioritas poin ini.

Beberapa hal yang harus dihindari
Jangan sengaja mengisi halaman website/blog dengan daftar kata kunci (keyword stuffing)cloack pages dan upaya lain untuk menipu search engine dan pengunjung. Jika website/blog kita berisi halaman, link ataupun teks yang terindikasi seperti ini, Google akan mengganggapnya sebagai upaya untuk mengelabui dan dapat mengabaikan website/blog kita. Yang paling ekstrem, indeks website/blog kita dihilangkan dari database mesin pencari Google.

Berhati-hati bila memanfaatkan Jasa Layanan Optimasi mesin pencari. Menurut Google, ada beberapa perusahaan layanan semacam itu menggunakan taktik yang dilarang. Mereka senantiasa berupaya untuk menipu mesin pencari dengan berbagai cara. Perhatikan secara seksama kredibilitas Jasa Layanan Optimasi mesin pencari tersebut. Hati-hati, jika domain kita berafiliasi dengan salah satu layanan yang seperti itu (masuk black list Google), akan berakibat menghilangnya indeks website/blog kita pada mesin pencari (Google Sandbox).

Hindari menggunakan gambar sebagai konten tanpa informasi detail (text deskripsi), baik untuk menampilkan nama, konten, atau link. Perayap Google(robot crawler) tidak mengenali teks yang terkandung dalam grafis. Gunakan atribut ALT jika gambar termasuk bagian dari konten utama dan kata kunci pada halamankonten bila tidak dapat diformat dalam HTML biasa.
Hindari duplikasi kontenJangan membuat beberapa salinan dari halaman dengan URL yang berbeda. Jika website/blog kita memiliki konten yang identik yang dapat dicapai melalui URL yang berbeda, gunakan URL Canonical. Untuk mengaplikasikan hal ini anda dapat melakukan pencarian pada mesin pencari, ada banyak artikel yang telah membahas mengenai URL Canonical lebih detail.

Memiliki website/blog yang Google Friendly mau tak mau membuat kita juga harus belajar lebih banyak dan berbuat maksimal untuk mengembangkan situs ataupun blog yang kita kelola.

Semoga artikel ini bisa memberi manfaat bagi kita semua. Dan mudah-mudahan kita juga dapat menjadikan website/blog  kita menjadi berkualitas dimasa mendatang, amin.

Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik di blog ini ;
1. Dilarang SPAM
2. Berkomentarlah sesuai judul postingan, no OOT (Out of topic)
3. Berkomentarlah dengan kata kata yang sopan

Postingan populer dari blog ini

Ide Cerdas Membuat Artikel Original

Mengoptimasi Blog Dengan Webmaster Tools